Monday, February 13, 2023

Japan Autumn/Winter Trip 2022 [Departure]

Hello! Kembali lagi di lanjutan cerita tentang JAPAN SOLO TRIP-ku beberapa saat yang lalu~

Sebelumnya uda diceritakan mulai dari persiapan awal sampai persiapan terakhir. Jadi mari kita langsung bahas cerita di hari H!!!

29/11/2022 - JAKARTA

Hari Selasa di akhir bulan November, aku uda siap mencoba petualangan pertamaku buat traveling seorang diri. Jujur sebelumnya aku selalu jalan paling gak dua orang paling minimal, bareng kakakku. Tapi kali ini aku akan pergi sendirian! Pasti perasaan campur aduk lah yaa.. Sempet awal-awal rada worry juga tentang beberapa hal, tapi ternyata semua berlalu dengan lancar (dengan doa yang kuat!).

Yap, barang bawaan uda siap dan dokumen yang wajib disiapin juga uda siap. Oh iya, sebelum berangkat aku sempatin dulu buat ngisi dokumen wajib (immigration, custom declare, & quarantine procedure) jadi nantinya waktu sampai di Jepang gak repot isi-isi lagi di bandara. Kira-kira dokumen apa aja? Bisa dicek lengkapnya di Visit Japan Web, salah satunya adalah sertifikat vaksin (minimal dosis ketiga). Jangan galau, soalnya sertifikat vaksin di PeduliLindungi uda termasuk bahasa Inggris jadi bisa langsung dipakai!

Tampilan Visit Japan Web

Kenapa kita harus isi dulu? Ya biar nanti di bandara Jepang, kita tinggal tunjukin QR Code yang uda ter-generate pas keluar imigrasi. Terutama buat yang quarantine procedure, nanti bisa keliatan kita termasuk "jenis" apa (ada kategorinya gitu) dan aku kemarin dapat kategori B yang aman buat masuk ke Jepang. Sampai di Jepang pun langsung was-wes-wos tanpa tes lagi.

Oke, back to the topic!

Sehari sebelumnya aku uda mulai cuti besar, jadi pas hari Selasa itu aku bisa fokus buat final packing yaa walopun berangkatnya malem juga. Seperti biasa sebelum keberangkatan aku uda siapin buat check-in online dulu sekalian milih tempat duduk yang sekiranya "pewe" alias samping jendela kesukaanku (walopun pada akhirnya aku milih tempat duduk samping aisle pas pulang).

Sekitar jam setengah sepuluh malem aku uda siap buat on the way ke Soekarno-Hatta Internal Airport Terminal 3 Keberangkatan Internasional karena mikirnya bakal rada padat soalnya pas hari kerja. Eh, ternyata jalanan lancar karena uda rada malem juga berakhir sampai di bandara sekitar jam 10-an. Butuh waktu kurang lebih 30 menit lah, kayak biasanya. Sesampainya di bandara agak gabut juga karena mikir drop bagage baru bisa 2 jam sebelum waktu keberangkatan. Yap, waktu keberangkatanku pas itu sekitar pukul 01:10 WIB dini hari di tanggal 30-nya. Berati kalau diitung-itung aku baru bisa drop bagage sekitar jam 23:10 WIB, pikirku. Yaudah aku nunggu waktu berlalu dengan main HP dan baca komik online.

Sebelum berangkat foto sama Kuro dulu :)

Mendekati waktu buat drop bagage, sekitar mungkin jam 23:00 WIB kurang tiba-tiba ada telpon. Buru-buru aku angkat dan ternyata itu telpon dari maskapai yaitu Philippine Airlines (PAL). Agak bingung juga kenapa kok sampai di telpon. Kata orang dari maskapai aku ditanyain apa uda check-in sambil disuruh cepetan langsung ke counter check-in kalau uda sampai bandara. Dengan muka penuh tanya, di sisi lain juga seneng karena bisa lebih cepet drop bagage yang segede gaban, kuhampiri lah counter check-in gak jauh dari tempatku nunggu.

Begitu sampai di counter langsung aja aku serahin kode booking, passport, dan koper buat di-drop. Orang maskapainya sempet nanya lagi apa aku uda check-in, ya aku bilang aja uda check-in online. Sempet dia ngomong ke temen sesama orang maskapai juga, intinya aku uda check-in online. Walopun masih agak bingung, akhirnya check-in online berlangsung dengan lancar. Tiket fisik pun uda di tangan.

A ticket to ride!

Tiba-tiba temenku telpon aku. Sebelumnya kami sempet chat via DM Instagram. Waktu liat IG Story dia pun, aku sempet mikir "jangan-jangan dia mau ke Jepang juga?" gara-gara liat foto koper dia yang penuh sama Indomie (lols!). Ternyata oh ternyata, dia ngeliat IG Story kakakku yang posting kalau aku mau halan-halan bawa koper gede. Trus dia penasaran aku ada dimana waktu dia telpon aku. Aku bercandain aja kalau mau ketemu Babang Taka wkwkwk. Dikira aku mau ke Australia nonton konser OOR! Berlanjut di telpon aku tanya dia ada dimana dan ternyata gak jauh dari counter check-in tempatku berada. TERNYATA DIA JUGA MAU KE JEPANG WAKAKAKAKKAKA!!!!

Pertama kali yang aku lakukan pas ketemu mereka adalah ketawa ngakak!!! Bisa-bisanya ketemu di bandara, padahal di kantor aja jarang ketemu wkwkwk. Dia temenku kuliah tapi kita sekantor juga. Ngobrol lah kami bertiga (mereka berdua) soal rencana keberangkatan (yang kebetulan sama) ke Jepang. Perihal turun di kota apa, berapa lama, dan naik pesawat apa. Ternyata mereka juga naik PAL, tapi sayangnya belom check-in online jadi waktu pas mau check-in di bandara kena over booking. Akhirnya mereka diganti naik ANA direct langsung ke Tokyo paginya. Huft, padahal kalau gak over booking kami bisa nungguin transit bertiga di Manila :( Selain itu tujuan mereka adalah Tokyo, sedangkan aku ke Osaka dulu baru ke Tokyo. Pas waktu aku sampai Tokyo pun mereka uda siap-siap buat balik ke Jakarta, jadi tlisiban :(

Ketemu tanpa direncakan!

Fast forward, kami bertiga berpisah setelah ngobrol beberapa saat. Aku duluan masuk ke ruang tunggu berhubung waktu menuju penerbangan mulai mendekat. Berhubung aku bawa laptop, jadi di tiap ada x-ray pas mau masuk ke ruang tunggu laptopnya harus dikeluarin. Bikin rada PR sejujurnya, tapi gak apa-apa, selama gak disita lepiku wkwk.

Pose di depan pintu masuk Keberangkatan Internasional

Abis x-ray langsung menuju ke bagian imigrasi. Pasang muka sok cool alias santuy biar gak dikira buronan wkwk. Ternyata (lagi) petugas imigrasinya sama-sama orang West Prog! Pas dia liat pasporku langsung nyeletuk dia, jadi kami ngobrol sebentar selagi masnya ngurus keimigrasian. Sempat ditanyain juga mau kemana, sama siapa, trus di Jakarta tinggal/kerja dimana (kalau gak salah inget). Well, karena itu untungnya part imigrasi sebelum berangkat jadi lancar juga sih.

Lanjut setelah itu adalah jalan ke gate yang subhanallah jauhnya dari tempat masuk. Masa iya dapet pintu keberangkatan di Gate-4! Mana uda malem posisinya, toko-toko di sekitaran ruang tunggu juga kebanyakan uda pada tutup. Orang jalan atau petugas pun bisa diitung jari yang lewat. Uda kayak anak ilang pokoknya kemaren jalan sendirian, mana lama.. Yah, sekian waktu berlalu dan akhirnya sampai juga di Gate-4 yang ternyata uda ada banyak orang nunggu. Langsung aja cari tempat pewe buat nunggu sambil nge-charge HP dan dengerin musik biar gak bosen.

Jalan panjang menuju Gate-4 Terminal 3 Soekarno-Hatta International Airport

Ruang tunggu di sekitar Gate-4

Sekiranya setengah jam sebelum waktu keberangkatan (apa lebih cepet ya?) para penumpang pesawat mulai dipanggil buat boarding. Berhubung aku dapat tempat duduk agak tengah ke belakang, jadi nunggunya lumayan agak lama juga. Pas uda di dalem pesawat, taruh barang bawaan di bawah kursi (males angkat-angkat ke kabin), pasang earphone dan pilih lagu buat disetel, langsung tidur. Entah karena uda ngantuk apa emang pelor wkwk.

Sepanjang perjalanan ke Manila yang kurang lebih menghabiskan waktu sekitar 4 jam 10 menit pun lebih banyak tidurnya. Kebangun karena ada bau makanan dari tempat duduk samping, sedangkan makananku gak ada. Masa gara-gara aku tidur, mba pramugarinya gak bangunin dong.. Alhasil makanan di pesawat pertama, skip. Kertas custom declare pun juga gak dikasih. No worries sih, secara aku juga tidur dan karena transit jadi gak perlu custom declare. Baru kebangun tuh pas uda mau sampe, karena cahaya matahari juga mulai masuk ke jendela.

30/11/2022 - MANILA

Sekitar jam setengah tujuh pagi pesawat mendarat di bandara internasional Ninoy Aquino, Manila. Pertama kali touch down di Filipina! Ternyata bandaranya termasuk kecil menurutku kalau dibandingkan sama bandara Soetta atau YIA yang baru. Mungkin lebih mirip ukurannya sama bandara Halim PK? Setelah keluar pesawat, ada staff bandara yang mengarahkan kemana harus melangkah untuk pasukan transit.

Transit di Ninoy Aquino International Airport Manila

Jadi bagi yang transit nanti bakal ada pengecekan lagi untuk sertifikat vaksin (minimal dosis ketiga) dan juga x-ray ulang sebelum masuk ke ruang tunggu berikutnya. Nah, beres semua itu akhirnya aku sampai di ruang tunggu keberangkatan internasional. Hal yang pertama aku cari adalah toilet karena selama di pesawat aku kebanyakan tidur jadi gak sempet ke toilet (selain karena males ngelewatin dua orang buat keluar dari tempat duduk). Untungnya masih ada semprotan! Abis dari toilet langsung menuju ke kursi kosong buat duduk yang gak jauh dari tempat colokan buat nge-charge HP (lagi). Waktu ini paket data roaming-ku belom kepakai karena ada wifi, jadi cari yang gampang aja lah.

Salah satu hal random yang terjadi adalah waktu sambil nge-charge HP ada bapack-bapack orang bandara setempat ngajak ngomong aku pakai bahasa Tagalog dong. Ya roaming daku kaga paham si bapack ngomong apa. Aku bilang aja kalau aku dari Indonesia. Dia bilang kirain aku orang Filipina, soalnya mirip wkwk!

Gak kerasa waktu berlalu tiba-tiba uda mau mendekati jam keberangkatan berikutnya. Sebelumnya sempat nyoba cari yang jual minuman, cuma di sekitar ruang tunggu kiosnya cuma terima uang cash, sedangkan aku gak bawa Peso sama sekali. Ada sih ATM, tapi pasti kena charge gede. Ada juga yang (kemungkinan) bisa bayar pakai card, tapi antre lama dan kayak tidak meyakinkan jadinya ku mengurungkan niat buat beli. Nunggu dapet minum di pesawat aja..

Nah, makin dekat ke waktu boarding, aku nyari-nyari tuh pesawat ke Kansai International Airport (KIX) Osaka berangkat dari gate mana. Nihil, gak ada papan monitor informasi di sudut-sudut ruang tunggu. Awalnya mau tanya ke petugas, tapi akhirnya ketemu dimana coba?? Monitornya nempel di tembok atas deket pintu masuk awal pas abis dari x-ray, dan itu pun kecil banget!!! Huft! Setelah tau kalau pintu keberangkatan dari Gate-1, langsung tanpa basa-basi aku nunggu di deket situ.

Perjalanan di pesawat kedua dari Manila menuju ke KIX tergolong lancar. Berusaha gak ketiduran biar pas mba pramugari lewat masih kebagian makan sama minum wkwkwk. Yap, kali ini berhasil dapet sih tapi tetep aja gak kebagian kertas custom declare. Cuma ya mikirnya aku uda ngisi via Visit Japan Web dan uda dapat QR Code jadi kayaknya gak perlu ngisi kertas lagi. Perjalanan dari Manila ke Osaka ditempuh kurang lebih selama 4 jam 30 menit. Selama perjalanan ya kayak biasa, dengerin lagu sambil ketiduran.

===

Wah! Ternyata ceritanya bisa panjang banget, ya! Padahal ini baru nyeritain perjalanan berangkat, belom sampai di Jepangnya wkwkwk. Tapi gak apa-apa, nanti cerita sampai Jepang kita sambung di post berikutnya ya!

See you on my next post!