Friday, March 3, 2023

Japan Autumn/Winter Trip 2022 [Day-1]

Kembali lagi~ Mari kita lanjutkan cerita perjalanan soloku ke Jepang~

JENG.. JENG.. JENG..!!!

Kurang lebih sekitar jam 14.15 JST waktu setempat, pesawat akhirnya landing guys! Sebelum landing pun rasanya uda deg-deg-serr gitu gak sabar sampai di negara favoritku. Apalagi pas liat ke luar jendela pesawat uda nampak lautan Osaka yang luas.

Kansai International Airport Osaka (KIX)

Sesampainya di gedung Kansai International Airport (KIX), para penumpang langsung digiring ke tempat pemeriksaan beberapa berkas dokumen termasuk Quarantine Procedure, Custom Declaration, dan Immigration Document. Berhubung aku uda persiapan isi dokumen-dokumen tersebut sebelum sampai Jepang, jadilah pada saat pemeriksaan tinggal was wes wos jalan tol karena tinggal nunjukin QR Code yang uda ter-generate di web aplikasi.

Untuk Quarantine Procedure karena hasilku masuk kategori "Biru", jadi bisa langsung lewat tanpa ada pemeriksaan lagi (tinggal tunjukin layar web) trus dapat kertas warna biru juga. Selanjutnya di bagian Immigration, di sini agak antre panjang tapi masih tertib. Selama antre sama petugas juga diingatkan buat isi form di web aplikasi biar dapat QR Code Immigration.

Setelah tiba giliranku, sama petugas Imigrasi Jepang sempat ditanyain beberapa pertanyaan dasar kayak berapa lama tinggal di Jepang, kapan pulang, dan kasih info kalau batas maksimalku tinggal hanya 15 hari. Jadi dia minta sekalian ditunjukin tiket pulang kalau gak salah inget. Terus seperti biasa, scan jari-jari dan foto, trus kelar!

Selanjutnya adalah proses Custom Declare. Agak was-was karena koperku penuh sama makanan titipan dan oleh-oleh wkwk. Tapi karena aku uda generate QR Code, aku cuma perlu scan paspor di mesin dan juga scan QR Code Custom Declaration. Abis itu uda kelar dong... Mungkin petugasnya kasihan juga liat anak kecil sendirian bawa koper segede gaban wkwkwk.

Dan ya, secara resmi sudah sampai Jepang!!!

Terminal Kedatangan KIX

Terminal 1 KIX

Stasiun Kansai International Airport

Hal pertama yang dilakuin begitu uda di luar adalah beli tiket kereta menuju penginapan. Waktu itu aku memutuskan naik Nankai Line Airport Express karena bisa langsung turun di stasiun Shin-Imamiya dekat penginapan. Waktu itu sempat galau beli yang non-reserved atau reserved seat karena watir kalau kereta penuh dan posisi bawa-bawa koper gede gak ada yang bantuin.

Nankai Line Airport Express Reserved Seat Ticket

ICOCA Card

Akhirnya beli deh tiket yang reserved seat seharga 1290 Yen dengan pertimbangan di atas plus harga yang gak beda jauh banget dari non-reserved. Yah, walopun jadi harus nungguin kereta setengah jam lebih lama. Oh iya, selain beli tiket Nankai Line Airport Express aku juga langsung beli kartu ICOCA baru karena berhubung kartuku yang lama uda expired gak bisa dipakai. Sayang banget deh gak bisa milih gambar lucu-lucu karena via mesin belinya.

Sambil nungguin kereta dateng, nyobain beli minum via vending machine di dalem stasiun sambil foto-foto dikit. Mendekati waktu keberangkatan, aku turun ke peron kereta bakal berhenti nantinya. Ternyata uda banyak yang nunggu dan kebanyakan kalau denger dari bahasanya sih kayaknya orang Korea.

Beberapa saat kemudian dengan udara yang mulai terasa dingin, kereta Nankai Line Airport Express datang dengan gagahnya. Warnanya biru dengan bentuk jendela yang kayak aquarium wkwk. Begitu kereta berhenti dan semua penumpang sebelumnya turun, para petugas kebersihan sigap melakukan tugasnya sedangkan para calon penumpang yang mau naik harus sabar antre nungguin mereka selesai.

Antreanku gak begitu depan jadi pas masuk tempat penyimpanan koper uda mulai penuh tapi untungnya koperku masih bisa diselipin di pinggiran walopun khawatir juga klo bakal jalan-jalan dia. Untungnya sih aman ya sampe tujuan. Sepanjang perjalanan kebiasaan pertama adalah foto-foto dan ambil video buat dokumentasi. Berhubung sendirian, jadi gak ada yang bisa diajak foto. Sedih juga wkwkwk.

Inside Nankai Line Airport Express Reserved Seat

Sekitar 40 menit kemudian sampe juga di stasiun Shin-Imamiya. Awalnya agak bingung arah karena baru sekali ke stasiun tersebut. Jadi begitu keluar mlipir dulu ngecek Google Maps buat nentuin arah kemana melangkah. Gak cuma sekali dua kali, tapi beberapa kali berhenti trus ngecek Google Maps uda bener belom arahnya apa malah makin jauh wkwkwk.

Setelah bersusah payah geret-geret koper besar sambil beberapa kali berhenti buat cek arah maps uda bener belom, akhirnya sampai juga di penginapan! Yap, Hotel Lucky adalah kosanku buat seminggu kedepan di Osaka!

Impresi pertama pas lihat luarannya adalah, simple~ Gedungnya sepertinya uda lumayan mature dan lebih tinggi ke atas alias dalemnya gak begitu luas. Pintu masuk depan langsung resepsionis dan beberapa kursi duduk. Di sampingnya ada microwave dan air panas serta peralatan makan buat yang mau pake. Begitu masuk lobi disusul dengan beberapa ruangan di lantai 1 atau dasar kayak lift (alhamdulillah!), toilet (di tiap lantai ada), onsen (buat cowok aja), beberapa kamar tidur, dan 3 kamar mandi. Bersyukur banget ada lift karena gak perlu gotong-gotong sendiri sampai lantai 3 (kebetulan dapat kamar nomor 303 di lantai 3).

Satu hal yang bikin kaget begitu sampe adalah adanya orang Indonesia yang nyambut dong! Dia tahu kalau bakal ada tamu dari Indonesia, jadi dia standby. Duh, lupa nama masnya tapi dia memang kerja di situ tapi pas aku dateng sebenernya dia pas lagi off cuma karena ada orang Indonesia mau dateng jadi dia muncul. Jadilah masnya menjelaskan ini-itu pakai Bahasa Indonesia wkwkwk.

Sesampainya di kamar, kesan pertama yang muncul adalah "bener-bener kayak kosan!" wkwkwk. Tempatnya gak begitu luas, tapi cukup buat satu kasur, meja kecil, kulkas kecil, dan tv. Yang jadi peer cuma koperku yang segede gaban aja, kudu jadi buka tutup kalau mau ambil barang soalnya kalau dibiarin kebuka bakal makan tempat BANGET.

Hal pertama yang dilakukan tentu saja bobo-boboan alias merebahkan diri sejenak sambil ngabarin orang-orang rumah kalau uda sampe kosan. Terus langsung siap-siap buat keluar lagi karena rencana mau langsung cekidot Tsutenkaku Tower yang jaraknya deket dari kosan. Senengnya kosanku yang di Osaka ini adalah letaknya yang sangat strategis. Gak cuma deket dari Tsutenkaku Tower dan dua stasiun kereta (stasiun Shin-Imamiya dan stasiun Dobutsuen-mae) tapi di deketnya juga banyak convienence store kayak Family Mart sama 7-Eleven, trus juga ada coin laundry, tempat makan, dan juga ada MEGA Don Quijote Shinsekai jadi gak perlu cemas kalau mau belanja-belanja.

Malam itu setelah rehat sejenak, aku memutuskan buat jalan ke Tsutenkaku Tower dengan membawa barang secukupnya (jelas kamera tidak terlupa!). Kira-kira 10 menit jalan uda sampe tuh di bawah towernya. Tapi karena uda agak telat sampe sana jadi banyak toko yang uda tutup, tinggal tempat makan beberapa masih ada yang buka. Di Tsutenkaku cuma foto-foto dan ambil video dikit trus gercep memikirkan plan selanjutnya. Akhirnya memutuskan buat cus ke Dotonbori karena yakin kalau di sana bakal rame dan banyak toko yang masih buka.

Tsutenkaku Tower Osaka

Daerah Shinsekai dekat Tsutenkaku Tower

Langsung capcus jalan menuju stasiun Shin-Imamiya buat menuju ke arah Dotonbori. Awalnya agak bingung sama arah kereta tapi berbekal info yang sudah dikumpulkan sebelumnya dan baca-baca info kereta yang ada di stasiun, alhasil gak salah ambil jalur kereta dan turun di stasiun Namba (Osaka Metro). Sempet agak bingung karena perlu ganti ke kereta Metro, soalnya kalau ambil dari Shin-Imamiya otomatis pakai kereta JR. Harusnya lebih gampang naik dari Dobutsuen-mae aja. Yah namanya juga baru dateng, awal-awal belom paham jalur kereta mana yang paling efisien wkwkwk.

Sesampainya di Namba, agak bingung (lagi) buat cari jalan keluar tercepat ke arah Dotonbori. Jadi asal cari jalan keluar yang sekiranya searah (karena di stasiun suka agak susah bedain arah mata angin karena gak keliatan daerah luar). Karena uda malem udaranya makin dingin, untung bawa syal jadi bisa melindungi leher dan telinga dari angin.

Dotonbori Street Osaka

Sesuai dengan dugaan, Dotonbori masih rame~ Walopun gak serame dulu sebelom pendemi, tapi kalau dibandingin sama daerah Tsutenkaku Tower tadi yaa jauh. Hal pertama yang terpikir begitu liat sungai, jembatan, beserta papan glico ikonik khas Osaka adalah I'M BACK!!! Di sekitaran jalan banyak pohon yang uda dihias sama lampu-lampu jadi makin meriah. Lanjut throwback tipis-tipis zaman ke situ bareng Genk Anak SD dulu tahun 2017.

Pohon-pohon mulai dihias lampu

Iconic Glico Sign Dotonbori Osaka

Jalan menyusuri sungai yang gak terlalu padat, mungkin karena hari kerja juga sih. Kalau ke sana pas akhir pekan mungkin beda cerita yaa. Masih dengan perasaan haru bisa kembali mengunjungi Osaka, salah satu kota favoritku di Jepang, aku menikmati lagu yang diputer di salah satu toko dan juga melihat beberapa iklan yang terpampang di layar besar di gedung terdekat. Ada iklan series First Love, iklan Samurai Blue, sampe iklan konser.

Menikmati Sungai Dotonbori

Iklan Samurai Blue

Keramaian di Dotonbori Street

Selain foto-foto di jembatan dan sekitarnya, disempetin juga main ke Shinsaibashi buat window shopping ke beberapa toko kayak Adidas (buat ngeliat jersey Samurai Blue) dan ABC Mart buat cari-cari sapa tau ada sepatu harga miring, padahal ya enggak. Secara masih hari pertama sampe masa uda mau belanja macem-macem nanti duitnya abis dong~ :")

Window Shopping at Shinsaibashi

Seingetku satu-satunya yang aku beli di Dotonbori malem itu cuma kairo. Kairo itu semacam bungkusan penghangat tangan, cocok dibawa pas musim dingin biar tangan gak beku. Beli di drug store terdekat sebelum pulang. Awalnya agak bingung nyari di sebelah mana karena banyak barang-barang mirip, jadilah tanya ke mas penjaga toko sama dia langsung disuruh ikutin dia dan dianter ke tempat rak Kairo dkk berada. Buat aku yang baru pertama kali merasakan musim dingin, cocok banget sih beli satu pack yang ukuran kecil-sedang. Beli yang tahan agak lama sekitar 16 jam dengan harga yang terjangkau.

Nino Arashi di Dotonbori

Hirano Sho King & Prince

Matsujun Arashi di drug store

Sho Arashi di kereta

Pulangnya berjalan dengan lancar sampe kosan, lebih lancar daripada pas berangkat. Sebelum naik kereta di stasiun Namba (Osaka Metro), mampir dulu buat beli makan malem di Family Mart yang dilewati. Beli beberapa makanan dan minuman buat di kosan. Karena belum makan malem aku memutuskan beli onigiri dua buah (satu natto, satu tuna) sama dua buah telor plus susu stroberi. Rencananya malam itu cuma makan satu onigiri sama satu telor, sisanya buat paginya. Ternyata pas dimakan yang rasa natto, rasanya aneh banget gak kuat makannya sampe mau nangis (lebay!).

Bungkusan Kairo penghangat

Belanjaan makan malam termasuk natto

Malam itu pada hari pertama di Jepang aku ketemu sama 3 member Arashi plus 1 member King & Prince (di iklan). Dan sesampainya di kosan, langsung makan dan siap-siap mandi sebelum bobo. Sebelum bobo juga berkabar dulu sama orang rumah buat update info terkini wkwkwk.

Okeee, itu tadi hari pertama sampe di Jepang. Gak kerasa ceritanya ternyata cukup panjang padahal baru sehari. Semoga bisa istiqomah cerita sampe hari ke-12! :))

See you on my next post!




_karin0punx_

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment