Monday, January 30, 2023

Japan Autumn/Winter Trip 2022 [Final Preparation]

Hey-ho!!

Ternyata jedanya lumayan lama dari tulisan terakhir yaaa (hampir lupa ngelanjutin ceritanya!) wkwkwk. Kalau gitu saatnya kita masuk ke cerita persiapan sebelum berangkat, LET'S GO!

Passport, checked!
Visa waiver, checked!
Penginapan, checked!
Tiket pesawat, checked!
Tiket bus malam, checked!
Data roaming, checked!
Itinerary, checked!

Trus apa dong persiapannya? Tentunya barang bawaan selama di sana kayak pakaian, sepatu, alat mandi, alat sholat, dkk (uda berasa kayak mau kemah) dan juga jangan lupa penukaran uang!

Kita mulai dulu dari yang paling ringkas, penukaran uang. Buat yang di Jakarta, kurekomendasiin kalau mau nuker mata uang asing bisa ke VIP Money Changer lokasinya ada di daerah Menteng, Jakarta Pusat (deket tugu tani). Di situ rate-nya paling oke se-DKI, dan pelayanannya bagus banget! Sat-set-sat-set!! Dulu sebelum pendemi dia buka Hari Senin - Jumat dari jam 8.00 sampai jam 17.00, tapi setelah pendemi dia jadi buka mulai jam 9.00 sampai jam 16.00. Tapi buat jaga-jaga biar cepet bisa dateng jam 8.30 buat ambil tiket antrean (yang jelas kalau uda dibukain pintu sama satpam, ya!).

Tiket antrean di VIP Money Changer

Oh iya, kalau via VIP gak perlu repot bawa uang cash buat penukarannya. Cukup bawa HP yang terhubung sama aplikasi banking aja. Nanti kalau uda di depan teller-nya bisa langsung kirim ke nomor rekening mereka trus diproses deh. Ringkas apalagi buat yang mau bawa sangu banyak wkwkwk!

Web VIP Money Changer

Lanjut ke barang bawaan apa aja yang perlu dan mau dibawa kemarin. Berhubung aku bawain beberapa barang titipan temenku dan sedikit oleh-oleh, so pasti perlu koper yang gede. Apalagi kan di sana musimnya uda masuk peralihan antara musim gugur ke musim dingin, jelas kudu bawa baju-baju tebel yang bikin anget. Alhasil karena aku gak punya koper gede, temenku di sini berbaik hati buat meminjamkan koper gede dia yang sebelumnya dipakai buat ke Eropa. Kurang lebih ukurannya 28L. Orang sama kopernya gede kopernya, lol!

Koper besar ukuran 28L

Well, jujur buat daftar bawaannya kali ini entah kenapa gak aku list (baru sadar). Soalnya kemarin otomatis langsung masuk-masukin aja ke koper tanpa di-list dulu. Tapi yang jelas sih perkakas wajib (pakaian), di antaranya:

  1. Baju hangat (jaket/sweater/coat), di sini aku gak bawa jaket padding karena gak punya dan kalau dari segi waktu masih awal musim dingin jadi masih cukup pakai jaket/sweater double. Tapi lain cerita kalau uda masuk ke pertengahan Desember dst, sudah pasti perlu padding atau coat super tebal karena biasanya uda mulai salju. Kalau gak mau bawa ya beli di sana wkwkwk.
  2. Kaos/celana buat double-an macam heattech-nya UNIQLO atau longjohn juga bisa. Sejauh ini modelan turtle neck paling enak dipakai karena leher jadi anget, gak perlu pakai syal (kalau gak berangin).
  3. Baju/celana biasa/pergi, kalau ini mah bawa kayak biasa aja seperlunya gak usah banyak-banyak biar gak menuh-menuhin koper. Apalagi musim dingin bakal jarang berkeringat.
  4. Baju/celana tidur, saran sih enak pakai yang lengan dan celana panjang plus kaos kaki biar gak kedinginan pas tidur.
  5. Syal, ini optional sih tapi sangat berguna. Kemarin buat jaga-jaga kalau udara lagi super dingin syal bisa berguna banget buat bikin anget leher sama telinga.
  6. Topi, ini juga optional. Sebenernya yang lebih enak tu topi yang bisa melindungi telinga dari angin, tapi kemarin daku bawanya topi baseball biasa wkwk.
  7. Kaos kaki, kalau bisa yang tebal dan gak mesti yang bahan rajut (tapi rajut lebih bagus) yang penting bisa bikin kaki anget aja. Kalau ketipisan ya di-double-in juga bisaa.
  8. Sarung tangan, bisa jadi opsional bisa jadi wajib sih terutama kalau uda pertengahan Desember ke belakang biar. Atau buat yang tangannya gampang kedinginan bisa jadi opsi bagus. Soalnya kadang gak cukup kalau cuma masukin tangan ke saku jaket/coat.
  9. Daleman atas/bawah, yang ini mah gausah dibahas wajib enggaknya lah ya. Cuma bisa buat jadi opsi kalau mau pakai/bawa daleman sekali pakai. Biar nanti gak perlu cuci-cuci dan bawaannya bisa berkurang (walaupun gak signifikan).
  10. Alat mandi, deodoran, minyak wangi dan skincare, yang esensial-esensial aja gak mesti semua dibawa karena biasanya penginapan uda sediakan sabun/sampo/kondisioner (kecuali per-skincare-an biasanya gak bisa ditawar). Tapi perlu di-crosscheck lagi sih ke penginapannya, bisa jadi dia memang sedia gratis atau mungkin perlu ada biaya tambahan (kayak handuk kadang perlu bayar lagi, tapi kalau di hotel biasanya gratis). Deodoran dan minyak wangi biar selalu fresh, tapi gausah berlebihan pas pakai ya!
  11. Panty liner/pembalut, buat cewek!
  12. Alat sholat, kecuali lagi halangan ya gak perlu dibawa (buat cewek).
  13. Sepatu, yang nyaman!! Karena overall di sana bakal jalan kaki dan naik kendaraan umum jadi sebisa mungkin bawa sepatu yang nyaman. Bisa juga bawa lebih dari satu sepatu. Kemarin blunder banget cuma bawa 1 pasang sepatu, boots dr.Martens lagi! Dua minggu kaki uda kayak diinjek gajah tapi untungnya bertahan.. Cuma ya kalau pas uda masuk musim salju ya pakainya jangan sepatu canvas/kets yang gampang basah juga, yang ada kakinya nanti membeku wkwk.
Boots dr.Martens

Kurang lebih 13 barang itu yang penting dibawa (terkait pakaian dan teman-temannya). Selain itu bawa apalagi? Tentunya barang-barang elektronik yang gak kalah pentingnya, seperti:

  1. HP lengkap dengan charger-nya, uda jelas dong kalau ini super duper penting karena tanpa HP kita gak akan bisa apa-apa!
  2. Earphone, opsional tapi akan sangat berguna buat menggalau di pinggir taman atau mungkin pas di pesawat mau nonton film apa denger musik bakal lebih enjoy kalau pakai earphone sendiri.
  3. Power bank, sungguh sangat berguna! Apalagi kalau gak sempet cari kafe buat numpang nge-charge. Bisa disambi jalan-jalan juga~
  4. Kamera lengkap dengan charger dan memory card-nya, tentunya penting gak penting sebenernya karena bisa digantikan sama kamera HP. Cuma kalau pakai kamera sendiri tuh hasil foto/videonya beda aja vibes-nya. Berasa lebih artistik! Dan karena kebutuhan konten, persiapan bawa memory card yang cukup (taunya gak sampe penuh juga karena beberapa kali mager ngeluarin kamera).
  5. Laptop lengkap dengan charger, kenapa? Karena kemarin mikirnya bakal kepake buat ngecek kerjaan yang urgent. Taunya kepake sekali doang waktu mau order barang dari online shop-nya giants wkwkwk. Nyesel gak nyesel...
  6. Tripod/tongsis, nah ini sebenernya agak lebih sia-sia karena ternyata aku jarang banget pakai tripod. Kepake sekali itu pun buat foto di depan Tokyo Dome doang wkwk.
  7. Universal travel adapter, sangat penting sekali! Karena cop-cop-an/colokan (ujung stop kontak) di Indonesia beda sama yang di Jepang. Kalau gak bawa ya sudah, game over gak bisa nge-charge apa-apa.
  8. Travel adapter biasa, selain bawa yang universal aku juga bawa travel adapter biasa karena banyak yang perlu di-charge. Sedangkan kalau universal travel adapter doang tu biasanya cuma dikit colokannya.
  9. Music player, ini juga opsional karena bisa dengerin lagu dari HP. Tapi kalau mau menghemat penggunaan baterai HP ya ini bisa jadi opsi bagus.
Hmm... kayaknya uda segitu aja sih barang bawaanku. Keliatan gak banyak tapi ternyata banyak juga (sebenernya karena titipan sama oleh-oleh yang bikin penuh banget). Dan seperti yang aku bilang di atas, kebanyakan bawa jaket/baju yang akhirnya cuma kepake sekali bikin menuh-menuhin koper. Padahal kalau memang kurang bisa beli aja di sana (alasan~ wkwk).

Semua itu berakhir jadi 3 tas total yang dibawa-bawa: 1 koper (28L), 1 backpack sedang, 1 tas selempang kamera kecil ke sedang. Oh iya, jadi inget aku juga bawa satu tas selempang kecil buat ceritanya dipakai di sana yang berujung kepake sekali doang pas nonton konser karena ternyata pakai tas kamera lebih mengakomodasi bawaan yang cukup beragam. Sama satu tas sepatu yang ceritanya mau dipake buat bawa sepatu baru (rencana awal mau beli di sana tapi berakhir gak beli). Jadi dua tas itu malah bikin menuh-menuhin koper aja hiks.. :")

Tas kamera menyamar jadi kantong doraemon

Penampakan 3 tas total barang bawaan pas mau berangkat

Yap, mungkin untuk postingan kali ini cukup sampai di sini. Selanjutnya kita akan bahas mulai keberangkatan dan selama di sana ya! Karena panjang, mungkin aku akan bagi cerita selama di Jepang jadi per dua atau tiga hari biar lebih detail ceritanya wkwkwk.

See you on my next post!



_karin0punx_

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment